PENIPUAN DAN PENGGELAPAN DAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG INVESTASI EMAS

Written by operator operator. Posted in Berita Kriminal, featured

GambarGambarGambarGambarPada hari Selasa tanggal 19 Maret 2013 sekitar jam 12.00 Wib PT. Graha Arthamas Abadi Rukan Bisnis Artha Gading Niaga Jl. Boulevard Artha Gading Blok D No. 8 Kelapa Gading Jakarta Utara, telah terjadi perkara PENIPUAN ATAU PENGGELAPAN sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 atau pasal 372 K.U.H Pidana yang dilakukan oleh pelaku MSW, RL, ST, LH dan BST terhadap korbannya Sdr. SENDJAYA IWAN SANTOSO, akibatnya korban menderita kerugian materi sebesar Rp. 1.495.000.000,- (satu milyar empat ratus sembilan puluh lima juta rupiah). Selain itu masih ada para korban lain berjumlah sekitar 500 ( lima ratus ) orang nasabah atau sebanyak 1.158 lembar Invoice dengan kerugian berdasarkan jumlah Invoice mencapai Rp. 100.934.446.000,- (seratus milyar sembilan ratus tiga puluh empat juta empat ratus empat puluh enam ribu rupiah) Kelima pelaku mendirikan perusahaan investasi emas yang diberi nama PT. GRAHA ARTHAMAS ABADI (GAMA) dengan modal awal sebesar Rp.500.000.000,-  (lima ratus juta rupiah), kemudian para pelaku merekrut para agen untuk mencari nasabah agar bersedia memberikan dana investasi dalam bentuk fisik, gadai, pararel dan non fisik dengan memberikan janji sesuai dengan yang tertera dalam brosur GAMA dengan background foto tumpukan emas batangan / LM : “ MENGAPA HARUS LOGAM MULIA … ? SEBUAH KEUNTUNGAN – Ada Fisik Emas, Ada Sertifikat ANTAM, Jika Harga Naik Lebih UNTUNG, Ada Discount Berkala 2,5% Tidak Ada Potongan, Jika Harga Turun Tetap UNTUNG, Investasi 100% Untung & Aman, Jaminan EMAS BATANGAN 24K, 999,99% , ASLI SERTIFIKAT ANTAM, HALAL & AMAN, FIX INCOME 2,5% / BULAN. Pengertian dari fisik, gadai, pararel dan non fisik adalah : 1.     FISIK : Nasabah membeli emas LM kepada PT GAMA dengan harga emas lebih mahal 30% dari harga pasaran dan dalam jangka waktu 4 atau 6 bulan dijanjikan mendapat keuntungan 2,5% kemudian jika sudah jatuh tempo dana pokoknya dapat diambil utuh dengan menyerahkan Invoice.
  1. GADAI : Nasabah membeli emas LM kepada PT GAMA dengan harga emas lebih mahal 30% dari harga pasaran, tetapi nasabah cukup membayar 40% kepada PT. GAMA sedangkan sisanya 60% dibayarkan oleh bank tetapi fisik emas dijaminkan ke bank tersebut. Dalam jangka waktu 4 atau 6 bulan dijanjikan mendapat keuntungan 3,8 % s/d 4 % dari nilai setoran investasi kemudian jika sudah jatuh tempo dana pokoknya dapat diambil utuh dengan menyerahkan Invoice dan surat gadai.
  1. PARALEL : Nasabah memiliki emas (Logam Mulia) dibawa ke PT. GAMA, setelah itu dinilai antara harga emas di GAMA dengan harga secondary dan selisih harganya disetorkan ke GAMA. Kemudian Customer dapat CashBack setiap bulannya 1,5% dari harga GAMA, selanjutnya emas dibawa pulang oleh Nasabah dalam tempo 6 (enam) bulan. Setelah jatuh tempo emas dibawa kembali ke GAMA untuk diperlihatkan selanjutnya nasabah dapat pengembalian uang sebesar harga GAMA dari selisih harga GAMA dan harga Secondary.
  1. NON FISIK : Nasabah membeli emas LM kepada PT GAMA dengan harga emas lebih mahal 30% dari harga pasaran tetapi nasabah tidak diberikan fisik emas logam mulia dan dalam jangka waktu 4 atau 6 bulan dijanjikan mendapat keuntungan 4,5% kemudian jika sudah jatuh tempo dana pokoknya dapat diambil utuh dengan menyerahkan Invoice.
Barang bukti
  1. 3 lembar invoce an. senjaya iwan santoso dan slip transfer
  2. Emas seberat 3.397,5 gram
  3. 1 (satu) unit mbl panther B 1694 UZB
  4. 1 (satu) unit mobil avanza B 1937 BZN
  5. 1 (satu) unit mobil mitsubishi pajero B 3 MAZ
  6. 1 (satu) unit camry B 33 MAZ
  7. 21 buah buku rekening
  8. Brosur dan banner ttg penawaran produk gama kepada nasabah
  9. 14 unit cpu komputer
  10. 3 ( tiga ) unit ruko di grogol Jakarta Barat
  11. 1 ( satu ) unit rumah di Sunter Tanjung Priok Jakarta Utara
  12. Akte pendirian perusahaan PT. Graha Arthamas Abadi
  13. Invoice para nasabah PT. Graha Arthamas Abadi
  14. Dokumen-dokumen.GambarGambarGambar

Trackback from your site.

Leave a comment